Sabtu, 24 Mei 2014

Run Often, Run Long

Empat hari saya absen ke sini, so hari ini saya harus lunasin hutang empat puzzle yang terlewat kemarin.Yupz, saya menargetkan jumlah post bulan ini harus bisa 13 alias one day one post sejak tanggal 19 Mei kemarin. Walau belum bisa benar-benar rutin nulis tiap hari, setidaknya target jumlah harus terpenuhi. Ini prosesnya, so let's enjoy it.

Minggu ini saya menambah satu lagi resolusi yang ingin saya capai di tahun ini. Apa itu? Saya pengen bisa berpartisipasi dalam lomba lari nih, minimal satu kali ikut 5K lah. Kenapa bisa berpikir gitu? Saya terinspirasi dari sebuah akun instagram yang saya ikuti yang melihatkan foto transformasi seorang Jessica Powers (@jesserunsfree), dan langsung mampir baca ceritanya di sini.


Kagum sama proses transformasinya. Dan semua itu dilakukannya dengan rutin lari. Bukan hanya "weight-loss"nya yang menjadi perhatian saya, tapi bagaimana dia bisa mencapai target-target yang dia buat untuk prestasi larinya sendiri. Kerenlah pokoknya. Dari akunnya, saya jadi banyak mampir ke akun-akun lain yang berkaitan dengan lari. Semakin banyak saya nyasar ke akun-akun tersebut, saya semakin tertarik juga untuk memulai lari juga. Latah ya saya. Emang sih, tapi saya pikir nggak ada salahnya mencoba. Toh nggak bakal rugi apa-apa kok, malah saya pikir bakal banyak benefit yang bakal saya dapetin. Tinggal mulai rutin lari aja toh. Saya nggak menargetkan bisa seperti Jessica, tapi dengan konsisten, saya yakin bisa juga menunjukkan suatu perubahan. Nggak hanya masalah "weight-loss", walau kalau itu juga dapet, saya bersyukur banget, hehehe. Tapi saya lebih fokus ke mindset untuk mengolahragakan kembali badan saya. Toh selama ini saya udah jauh banget, kalau nggak bisa dibilang cerai sama olahraga/exercise. Makanya badan subur banget, bahkan jadi lebih akab sama penyakit. :( Target bisa ikut lomba itu buat memacu saya agar terus bisa rutin 'latihan'.    
Olahraga lari sebenarnya bukan hal baru buat saya. Saat kuliah saya sudah biasa untuk jogging. Saat itu saya sering lari ke Taman Simanjuntak. Walau nggak rutin-rutin banget juga sih, hehehe. Ketika sudah kerja pun, di Muara Enim, saya masih suka jogging. Walau nggak sesering saat kuliah, wkwkwk. Sejak di Lahat, udah pernah juga lari pas weekend. Tapi belum pernah lari sendiri. Belum nyoba, hehehe. Kalau pas weekend di Palembang, belum pernah juga sih, saya cuma pernah sepedaan aja. Yah walaupun belum bisa jadi modal, paling nggak saya udah pernah larilah, hihihi. 

So, dalam minggu ini tadi saya udah mulai coba berlari ceritanya. But, hasil berapa hari ini benar-benar mengejutkan saya. PRnya banyak banget euy. Nggak lebih dari 10 menit saja ternyata saya mampunya. Itupun badan udah terasa gatal semua, napas ngos-ngosan, kepala pusing, dan betis saya berasa kenceng banget. Tapi saya anggap wajar, karena memang saya udh lama banget nggak lari euy, belum lagi badan yang sekaang lebih berat dari sebelumnya. Saya juga belum berani langsung memforsir badan saya. Perlu banyak-banyak adaptasi lagilah kayaknya badan ini. Dan urusan gatal-gatal yang saya rasain itu buat saya penasaran juga. Tapi saya inget sih dulu juga waktu masih sering lari saya pernah ngerasain itu kalau baru mulai lari setelah lama 'hiatus'. Tapi memang belum pernah saya coba cari tahu kenapa. Nah kemarin mumpung inget, saya tanya deh sama si mbah yang serba tahu.

Setelah baca-baca, ternyata saya baru tahu kalau gatal itu bisa karena alergi dan masalah sirkulasi. Karena udah lama nggak olahaga/exercise, tubuh belum terbiasa, dan kesulitan untuk mengalirkan darah. Dan ini bisa hilang dengan sendirinya ketika tubuh sudah terbiasa dengan beberapa kali sesi latihan rutin. So untuk selanjutnya, saya coba 'cuekin' aja itu rasa gatal-gatal. So selama berapa hari percobaan ini, saya masih dalam tahap pengenalan kembali, walau badan banyak protes, betis saya aja rasanya masih kenceng banget sampai sekarang, tapi saya coba ingat tujuan yang ingin saya capai, dan semangat saya masih tinggi. Apalagi dengan lari ini, saya merasa mood saya bisa lebih baik, walau belum stabil juga sih. Saya hanya butuh membiasakan saja. Toh selama ini pun saya sudah biasa lari, LARI DARI KENYATAAN, hahaha.

Minggu terakhir di bulan Mei ini saya menargetkan bisa 15 menit berlari dengan konsisten. Saya berniat untuk bisa lari dimanapun saya berada. So, mulai sekarang Lek Polan ini akan menjadi teman setia saya dan ikut kemana pun saya pergi. :) 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar