Sabtu, 24 Mei 2014

Pop Corn

Dari kecil saya sudah senang sekali membaca. Sampai sekarang hobi itu belum berubah. Saya orang yang terbiasa untuk membaca dimana saja, bahkan membaca bisa dikombinasikan dengan hal lain juga biasa buat saya, hehehe. Kebiasaan jelek yang dulu sering 'diprotes' sama ibu adalah kebiasaan baca sambil makan dan tiduran. Kalau baca sambil tiduran, udah tahulah ya nggak bagusnya, terutama untuk kesehatan mata, plus bikin tangan pegel juga. Kalau baca sambil makan, nggak kalah jelek juga sebenernya. Mungkin salah satu kebiasaan jelek yang membuat bodi jadi super sekseh gini karena itu juga, hahaha. Tapi karena saya ndableg kebiasaan itu masih terbawa sampai sekarang. Baca apa aja. Kalau ada buku, ya baca buku, kalau nggak ada buku ya baca koran atau majalah. Mau yang baru ataupun yang lama oke aja. Bahkan kalau nggak ada itupun, ada brosur atau pamflet juga nggak masalah, yang penting ada sesuatu di tangan untuk dibaca :)

Jika dulu saya hanya suka membaca buku cerita, sekarang jenis bacaan lebih bervariasi. Koleksi buku saya tidak hanya komik, novel, ataupun buku fiksi lainnya. Buku-buku inspiratif dan motivasi, enterpreneurship, dan healthy life adalah beberapa buku non fiksi yang sering saya baca juga sekarang. Kalau baca buku tentang agama udah haruslah ya. Sudah menjadi hal yang kudu banget dilakukan. Saya paling susah keluar dari toko buku tanpa membawa apa-apa. Makanya kalau lagi nggak punya dana banget, saya menghindar dari toko buku, karena hanya akan membuat mata dan hati saya sakit aja, hahaha. Karena itu juga koleksi buku saya udah lumayan banyaklah sampai sekarang. Bahkan ketika selesai kuliah dan mau kirim barang ke Palembang, isi kardusnya didominasi oleh buku-buku yang saya beli selama 4 tahun itu, di samping buku kuliah yang tebelnya juga kelewatan, hahaha. Karena pas jaman kuliah itulah saya baru kenal yang namanya Book Fair, hihihi. Ngelihat orang jual buku sebanyak itu jadi sesuatu banget. Diskon-diskon buku, buat saya galau banget pasti. Apalagi pas diajakin ke bursa buku murah, waduh saya kalap, buku yang nggak saya ngerti apa isinya aja saya beli. Seneng dan puas banget dengan budget yang biasanya cuma dapet 1 atau 2 buku, eh di sana bisa bawa pulang banyak buku . Kayaknya sampai sekarang aja, buku-buku itu masih ada yang belum saya baca :)

Selain menjadi hiburan, membaca juga membuat saya menjadi lebih 'kaya'. Banyak informasi, ilmu, dan pelajaran yang diperoleh dengan membaca. IMO, membaca adalah makanan bagi jiwa. Salah satu bacaan yang membekas banget buat saya adalah "Pop Corn". Komik berseri karya Yoko Shoji ini adalah komik yang pertama kali saya baca, saat itu saya masih SD, dan tetap menjadi favorit saya sampai sekarang. Saya kenal komik ini dari sepupu saya, Mbak Wiwik alias Mbak Ik, yang seneng baca juga dan udah punya banyak koleksi bacaan dulu. Karena saya belum bisa beli, saya selalu numpang baca saat itu. Jadilah dulu saya setiap maen ke rumahnya, langsung menuju kamarnya di lantai atas, 'bertapa' baca buku dan majalah koleksinya. Nah Pop Corn ini adalah salah satu koleksinya. Sejak awal baca, saya udah seneng banget ceritanya. Semakin diikutin, makin ketagihan bacanya. Selalu nggak sabar nunggu seri berikutnya. Bahkan kalau seri terbaru belum ada, saya sering ngulang-ngulang baca yang ada. Tapi saya lupa kenapa saat itu, entah karena sepupu saya stop langganan atau kenapa, saya nggak tamat bacanya. Dari 26 seri, kalo nggak salah saya cuma selesai baca sampai seri ke 23. 

Singkat cerita, saya udah 'pisah' sama Pop Corn ini lama banget, sampai kettika masih di Jakarta, saya lupa di salah satu book fair kayaknya, saya dapet kaya seri khusus "Okita in Memory", salah satu sequel yang menceritakan tentang salah satu tokoh dalam Pop Corn. Selain itu, Wike, teman satu kampus dan satu kos juga ikut mengingatkan saya kembali sama komik ini. Wike yang udah selesai baca komik ini sampai tamat, buat saya kembali penasaran dengan 'akhir yang belum selesai' dulu. Walau udah diceritain gimana akhirnya, tetap aja saya pengen baca sendiri, tapi nggak ngerti saat itu bisa dapetin dimana itu komik. Rasa penasaran saya baru terjawab setelah saya bekerja dan mulai rajin browsing, dan ketemu orang yang jual buku-buku bekas gitu. Tadinya mau beli seri-seri terakhir yang belum dibaca aja, tapi karena udah lama banget nggak baca, saya udah lupa juga jalan ceritanya, sayang juga gitu kalau cuma punya berapa seri, plus pengen banget baca ulang lagi dari awal, akhirnya saya beli lagi itu komik itu dari dia, tapi sayangnya nggak lengkap juga, karena seri 22 dan 23 nggak ada, bahkan ada beberapa yang fotokopi :( Tapi demi bisa baca ulang lagi, tetap deh deal buat transaksi. 

Dan tadaaaaaa, inilah penampakannya, kondisinya udah nggak mulus-mulus banget, wajarlah untuk koleksi lama ya, tapi seneng deh bisa dibaca berulang-ulang dan saya belum merasa bosan sampai sekarang, malah masih penasaran nyari seri yang belum ada untuk ngelengkapin.
   

Apa sih istimewanya komik ini? Nggak tahu kenapa, saya merasa Pop Corn ini 'aku' banget deh, hehehe. Saya terbawa untuk merasa senang, gembira, sedih, dan berbagai perasaan lainnya ketika membacanya. Saya ikut tersenyum, tertawa, ikutan semangat, bahkan terharu dan menangis mengikuti kisah persahabatan Nakki, Iwasaki, Okita, Maiko, Tamura dan Hatsune. Mulai dari jaman mereka masih jadi anak ingusan sampai mereka dewasa. Peristiwa yang mereka alami begitu beragam, bertemu dengan orang-orang yang berbeda seiring dengan perjalanan hidup mereka, masa-masa badung di sekolah, jatuh cinta, patah hati, kecewa, kehilangan, perjuangan mengejar cita-cita dan pencarian jati diri, semuanya begitu 'nyata' buat saya yang membaca.  Bahkan dulu saya tidak jarang membayangkan mengalami kisah persahabatan seperti mereka, bahkan pengen punya pacar kaya Okita yang keren banget, hehe.. Tapi kalau sekarang keinginan saya bertambah, pengen bisa bikin cerita yang keren kaya gini, tokoh-tokoh yang berkarakter, dan yang penting bisa 'membekas' untuk yang baca. Semoga saya bisa. Fighting..!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar