Minggu, 25 Mei 2014

My Sport Addiction (1)

One of my interests is everything related to sport. Kalau yang baru kenal dan lihat aku sekarang bakal ngerasa aneh kali ya. How can be a big and not-so-healthy woman like me said that she loves sport? But, that's the fact. :)

Dari kecil pembawaan memang udah tomboy banget, Tapi dapet momennya itu pas dipilih ikutan tim lomba SKJ dari sekolah kayaknya, kelas 4 atau kelas 5 kayaknya itu. Sejak itu, mulai deh antusias sama yang namanya olahraga. Jam olahraga adalah pelajaran favorit selama jadi anak sekolah. Pernah punya cita-cita jadi atlit malah dulu, tapi nggak kesampean, wkwkwk. Dulu mikirnya orang yang bisa olahraga itu harus punya bakat. Dan saya bukan orang yang membawa bakat, cuma orang yang tertarik dan mau belajar. Tapi nggak tahu juga waktu itu, nggak nemu aja jalannya buat belajar. Jadi cukuplah saya sebagai orang yang cukup puas menikmati olahraga di sekolah, walau keinginan untuk terus menambah kemampuan dan pengetahuan di bidang olahraga yang saya ikuti selalu ada, sampai sekarang. Saya juga sangat antusias dengan hal-hal yang berbau olahraga, baik ketika nonton tv, baca buku, koran dan majalah, bahkan ketika ngobrol soal olahraga. Idola saya pun kebanyakan atlit. Bahkan teman sekolah yang punya keistimewaan di bidang olahraga bakal bikin saya respek dan kagum sama mereka. Dan pastinya kriteria cowok idaman dulu adalah yang pinter atau paling nggak suka juga sama olahraga, hihihi.

Sadar nggak bisa jadi atlit, jaman SMP, punya keinginan untuk jadi wartawan olahraga. Asyik banget kayaknya bisa ketemu atau wawancara sama atlit. Tapi sekali lagi, dulu saya nggak berani bermimpi, saya sudah harus puas dengan rutinitas seperti murid-murid sekolah lainnya, dan olahraga hanya menjadi bagian dari rutinitas yang saya sukai dan nikmati secukupnya. Tidak berani berkeinginan lebih dari itu. :)

Olahraga yang membuat saya tertarik dari dulu memang yang bentuknya permainan dan dalam tim gitu deh. Mulai dari voli, basket, sepakbola, jaman SD dulu sering main kasti. Untuk olahraga yang bisa perorangan dan tim seperti badminton, tenis meja, atau tenis yang belakangan baru diikuti, saya lebih suka yang double daripada yang perorangan. Bahkan dalam cabang olahraga lain pun saya akan lebih tertarik melihat yang memperlihatkan kerjasama dalam sebuah tim. Saya senang aja melihat orang-orang di dalam tim itu saling menyemangati dan memberikan dukungan. Gembira dan berteriak bersama ketika menang, atau merasa sedih dan saling menguatkan ketika kalah. Rasanya ikut merasakan dan terbawa aja, hati saya bisa ikutan menghangat melihat kekompakan sebuah tim. Mungkin bagi beberapa orang sedikit berlebihan, tapi itulah yang saya rasain. :)

Walaupun olahraga yang saya lakukan tidak bertujuan untuk mengejar suatu prestasi, tapi sisi kompetitif diri saya akan selalu muncul ketika melakukannya. Setidaknya di lingkungan sekitar, saya akan senang jika saya bisa berada pada posisi atau mencapai suatu standar yang bagus dalam bidang olahaga yang saya ikuti. Ketika di sekolah, olahraga adalah salah satu pelajaran yang buat saya selalau semangat menjalaninya dan puas banget kalau dapet nilai bagus. Tiap ngambil nilai olahraga, saya ingin selalu di posisi terbaik. Dan masa-masa kuliah adalah saat yang paling membahagiakan buat saya karena saat itulah saya bisa sering merasakan atmosfir suatu pertandingan. Lebay? Saya memang lebay sih untuk urusan ini, hehehe. Walau cuma pertandingan lokal doang, ataupun kalau keluar kampus, kelasnya cuma pertandingan persahabatan, tapi saya puas dan senengnya kelewatan deh. Ngerasain euforia kemenangan, atau kesedihan dari kekalahan itu nggak bisa dijabarin deh rasanya. Pas di sekolah dulu pernah juga sih, tapi nggak sesering di kampus. Teman-teman dekat dan yang sudah 'kenal' dengan saya pasti bisa ngerasain antusiasnya saya dengan olahraga ini. :)
 
Saya mulai menjauh dengan olahraga sejak selesai kuliah dan mulai kerja. Olahraga hanya 'seperlunya' saja. Ketika masih 'magang' di kantor propinsi, tiap Jumat masih bisa senam dan belajar maen ping-pong (tenis meja). Ketika mulai ke Muara Enim, di kantor nggak ada acara olahraga, so paling saya jogging aja, itupun kalau saya nggak males, hehe. Senam pagi tiap Jumat mulai ada di tahun ke-4 saya kerja di sana. Pas pindah ke Lahat seneng sih di sini udah rutin senam tiap minggu. Tapi olahraga saya sebatas itu aja, sementara penyerapan tubuh saya sedang bagus-bagusnya, jadi nggak seimbang deh in out-nya, wkwkwk. Belum lagi di lingkungan saya, nggak ketemu 'teman seperjuangan' untuk olahraga, seperti pas kuliah, hehe. Mungkin karena sudah terlalu capek di kantor juga kali y, belum lagi kesibukan untuk urusan rumah tangganya, hehe. Kalau teman-teman cowok sih ada beberapa, tapi ya tetap aja beda kalau dengan teman cewek kan ya. :) 

Belakangan ini saya sedang berusaha kembali mengolahragakan tubuh saya, agar bisa lebih sehat dan fit. Mulai memperhatikan makanan yang masuk dan gerakin badan lagi deh. Banyak yang bilang saya diet, tapi sebenernya nggak juga sih. Fokus saya sekarang adalah untuk lebih sehat dulu. Tapi kalau bisa sekalian nurunin BB, alhamdulillah banget. Siapa juga yang nggak mau punya tampilan yang bagus dan ideal, hehe. Saya terus usaha memotivasi diri saya sendiri untuk merasakan kembali nikmatnya berolahraga. Salah satunya mencoba memunculkan kembali memori ketika saya merasakan olahraga sebagai sebuah adiksi. Tidak hanya manfaat buat fisik yang saya pengen dapetin dari olahraga. Saya butuh penyaluran positif dari 'stress' yang belakangan jadi teman dekat saya, hehe. Selama ini pelariannya selalu ke makanan, nah sekarang saya butuh 'peralihan'. Dan yang paling memungkinkan salah satunya adalah dengan olahraga.

Jogging/Lari
Ini adalah salah satu olahraga yang saya rutin lakukan ketika kuliah. Kalau pas masih jadi murid sih larinya pas pelajaran jam olahraga di sekolah doang. Pas di Jakarta, biasanya jogging di Taman Simanjuntak, Cipinang. Itu semacam tempat yang-wajib-diketahui-dan-didatangi oleh anak STIS, hehe. Tiap pagi di sana mesti ketemu dengan campus-mate. Baru-baru jadi mahasiswa udah diajakin ke sana rame-rame sama teman satu kontrakan dan tetangga. Disana ada juga senam yang bisa diikutin, dari aerobic, SKJ, senam pernafasan, bahkan senam manula pun ada. Kalo lagi males lari biasanya ikutan senam sih. Setelah hafal jalan ke sana, saya lumayan sering ke sana. Awalnya selalu bareng teman-teman sekontrakan kalau ke sana. Tapi nggak jarang saya lari sendirian juga. toh di sana mesti ketemu deh sama teman-teman sekampus. Kebiasaan habis lari sekalian pulang langsung beli sarapan dan belanja di pasar pagi deh, wkwkwk. 

Setelah naik tingkat 3 dan pindah kos di belakang kampus pun, saya tetap lari, walau jarak ke Taman Simanjuntak jadi lebih jauh. Baik sendiri maupun bareng teman-teman Charissma (nama kosan saya, hehe), atau janjian sama teman-teman lain. Setelah kenal sma Jerry, dan jadi penghuni tamu di TTM, saya sering mulai jogging dari sana, karena banyakan nginep di sana. :) Anak-anak TTM juga rajin-rajin sih ke Simanjuntak, selain buat olahraga, biasanya sekalian update dunia pergosipan di kampus juga, wkwkwk. Yah gitu deh, Taman Simanjuntak showed more than sport life there. :)

Setelah kuliah kelar, dan masih magang di kantor pusat, saya pindah kos lagi, tapi saya masih tetap rajin lari walau udah banyakan sendiri sih. Pas balik ke kampung halaman, saya baru lari lagi pas di Muara Enim, itupun anget-angetan. Kalau lagi rajin ya lari tiap pagi, kalau lagi kumat malesnya ya libur. Dan saya udah banyakan malesnya. Biasalah kalau sendiri, nggak ada temennya, motivasinya berkurang. Sekali doang jogging bareng teman-teman kantor di ME, waktu itu kita sengaja ke GOR dan olahraga di sana, jogging dan badminton. Tapi banyakan foto-fotonya sih. :)

Setelah pindah ke Lahat saya makin jarang jogging. Pernah berapa kali doang ke lapangan MTQ bareng Shinta sama Siska pas weekend dan pas saya nggak pulang ke Palembang. Itupun saya udah payah banget larinya, megap-megap deh napasnya, banyakan jalan doang jadinya. Nah sekarang saya pengen lagi nih nekunin lari ini. Alasan dan tujuannya saya ceritain di sini. Semoga saya bisa istiqomah deh, toh ini cardio yang murah meriah :)

TBC

Berhubung ceritanya masih panjang, dan saya harus melaksanakan kewajiban yang lain, ceritanya saya lanjutin di post berikutnya aja deh ya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar